Kamis, 16 Mei 2013

KODAM V BRAWIJAYA SELENGGARAKAN OPERASI KATARAK GRATIS TERBESAR DI INDONESIA



Surabaya, Kodam V/Brawijaya  bekerja sama dengan TB Silalahi Center, Paguyuban Masyarakat Tionghoa Jawa Timur dan A New Vision Singapura menggelar operasi katarak masal terbesar di Indonesia digelar di RST Soepraoen, Malang, Jawa Timur. Operasi ini  berlangsung mulai sejak Jum’at (10/5)  sampai dengan16 Mei 2013. Jumlah pasien penderita katarak sebanyak 1.638 pasien  dan dari keluarga prasejahtera.
          
Lebih dari 2000 warga yang mendaftar untuk ikut program bakti sosial Kodam V/Brawijaya tetapi hanya 1.638 yang bisa mengikuti operasi katarak ini. Sementara itu ada beberapa tahapan yang harus dilalui pasien katarak sebelum masuk ruang operasi. Tahap pertama adalah mencari calon pasien katarak yang dilakukan oleh Babinsa (Badan Pembina Desa) dari Koramil-Koramil di masing masing Kodim jajaran Kodam V/Brawijaya serta dari staf Dinas Kesehatan (Dinkes). Tahap berikutnya adalah proses screening, untuk memastikan apakah penyakit yang diderita pasien adalah benar-benar katarak atau bukan yang dilakukan oleh dokter mata dari Kodam maupun dari RST Soepraoen. Setelah di pastikan bahwa pasien menderita katarak, pasien diberi jadwal tentang pelaksanaan operasi. Dalam pelaksanaan operasi katarak ini, beberapa dokter mata dari Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia dan Balai Kesehatan Mata Masyarakat Jawa Timur serta dokter mata RST Soepraoen. Selain itu pelaksanaan operasi katarak ini juga di bantu seorang dokter mata asal Nepal.

“Merasa  bangga bisa membantu masyarakat yang kurang mampu dan tidak ada hambatan karena semua berjalan lancar dengan sambutan masyarakat yang begitu antusias” kata Babinsa Kodim 0826 Sertu Muhammad M. Selain itu pasien penderita katarak yang bernama Sukarni mengatakan “Rasa syukur dan terimakasih kepada bapak-bapak tentara yang telah melaksanakan kegiatan operasi katarak ini secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali”. Tak lupa ibu Ernani juga menambahkan perasaan senang yang luar biasa karena tidak disangka bisa melihat kembali dan melaksanakan kegiatan secara normal.


Usai membuka dan meninjau pelaksanaan operasi katarak di RST Soepraoen Malang mengatakan  Pangdam V Brawijaya mengatakan pada wartawan “Ini sebagai bentuk kepedulian kami, kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka ketahanan wilayah untuk mensejahterakan masyarakatnya. Dengan kembali bisa melihat akan menjadi harapan baru bagi pasien katarak”. jelasnya

Disamping itu Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP berharap bahwa program operasi katarak gratis seperti ini bisa dihelat lagi pada masa mendatang karena di wilayah Jawa Timur masih banyak warga kurang mampu penderita katarak serta bagi TNI program seperti ini akan terus digalakkan.

Posted By : Lensa Surabaya
News Source : Pendam V Brawijaya