Sabtu, 04 Mei 2013

" Ketegasan Sikap Pemerintah Indonesia Dipertanyakan "

Girindra : " Ketegasan Sikap Pemerintah Indonesia Dipertanyakan "
"Fakta bahwa pemerintah tidak bisa bertindak lebih tegas terhadap upaya diplomatik Benny Wenda, menunjukkan betapa lemahnya diplomasi kita," Girindra Sanino, sekretaris jenderal Kewarganegaraan Uni Indonesia (SAKTI), Sabtu (4/5), merujuk ke pengasingan Papua yang mendirikan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Seperti dilansir Tempo.co media onlne Organisasi Papua Merdeka resmi membuka kantor perwakilan di London, Inggris. Kantor tersebut diresmikan pada 1 Mei 2013 lalu. "Benar, ini merupakan bentuk kampanye Papua di dunia internasional atas apa yang terjadi di Papua, tujuan kantor perwakilan itu juga sebagai wahana membuka jaringan di luar negeri," kata Jonah Weyah, juru bicara Dewan Militer Tentara Pertahanan Nasional Organisasi Papua Merdeka, Sabtu, 4 Mei 2013.

Girindra juga mengkritik pemerintah Inggris untuk memungkinkan Benny mendirikan kantor tersebut.

"Dengan membiarkan perwakilan OPM untuk membuka kantor di Inggris, Inggris telah melanggar kedaulatan Indonesia. Pemerintah harus mengirim keluhan ke Inggris segera, "katanya.

Girindra meminta Menteri Luar Negeri harus mengubah diplomasi lembut dan ketat menanggapi setiap dukungan internasional bagi gerakan separatis. Dia menambahkan bahwa penanganan longgar seperti situasi seperti ini mengapa kelompok separatis masih ada di Indonesia.

Pada saat yang sama, kata dia, pemerintah Indonesia harus mempercepat program kesejahteraan dan pembangunan infrastruktur bagi masyarakat di Papua untuk menggagalkan separatisme.

Djoko Suyanto, Menteri Koordinator urusan politik, hukum dan keamanan, mengatakan dalam pesan teks bahwa pemerintah Inggris dan oposisi tidak mendukung keputusan OPM untuk membuka kantor di Oxford.

"Pemerintah Inggris secara resmi masih mengakui supremasi NKRI [Negara Kesatuan Republik Indonesia] di Papua," katanya.

"Kementerian Luar Negeri akan memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, dan Kedutaan Besar Indonesia di London juga akan mengatur pertemuan dengan Inggris Departemen Luar Negeri ..." ia menambahkan

Posted By : Lensa Jakarta
News Source : JakartaGlobe/Tempo.co/Royal Indonesia TV Online

Photo : Tentara Pertahanan Nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM) Devisi II Makodam Pemkab IV Paniai. TEMPO/Jerry Omona/ Members of the separatist Free Papua Movement (OPM) appear in front of media in the jungles of Indonesia’s Papua province on July 25, 2009. (AFP Photo / Banjir Ambarita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar