Sabtu, 04 Mei 2013

SBY Minta Menteri, Gubernur, dan Bupati Rumuskan Usulan Warga


SBY Minta Menteri, Gubernur, dan Bupati Rumuskan Usulan Warga


Probolinggo, Jawa Timur: Dialog Presiden dengan 600 pelaku wisata kawasan Taman Nasional (TN) Bromo Tengger Semeru berlangsung cair dan terbuka. Presiden meminta menteri terkait, Gubernur Jawa Timur, dan Bupati Probolinggo merumuskan usulan masyarakat, lalu dilaporkan ke Presiden.

"Nanti malam, saya minta pak Gubernur, ibu Bupati Probolinggo, dan bapak ibu menteri untuk duduk bersama menata segala kebutuhan masyarakat. Sampai di Jakarta nanti, saya sudah ingin membaca laporan tersebut dan mari kita pertimbangkan bersama-sama," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden menyampaikan hal silaturahmi dengan para pelaku wisata, di Lautan Pasir, Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (4/5) sore.

Matacis, seorang pelaku wisata berusia 50 tahun, menyampaikan ide tentang pembangunan dan pembenahan infrastruktur di sekitar Taman Nasional (TN) Bromo Tengger Semeru.

"Mengingat Gunung Bromo yang sudah dikenal oleh masyarakat internasional, kami mengharapkan adanya bantuan untuk infrastruktur. Sejak 2007, telah terbentuk paguyuban yang beranggotakan pelaku angkutan wisata, paguyuban fotografer, dan paguyuban jasa komunikasi. Mata pencaharian kami di sini," ujar Matacis.

Menanggapi usulan Matacis, Presiden SBY menjelaskan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan yang sifatnya langsung ataupun bentuk kebijakan (dengan berbagai pertimbangan). "Saya bersama seluruh menteri datang ke sini justru untuk mengetahui kondisi dan situasi langsung masyarakat, dan mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk memajukan kawasan ini," kata Presiden SBY.

Usulan yang muncul dalam dialog ini, umumnya berkaitan dengan sarana dan prasarana, baik itu jalan, air bersih, dan lain-lain.

Presiden kemudian menjelaskan langkah-langkah yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Seorang peserta dialog yang lain, Sutikhsan namanya, menyampaikan usul agar petani, khususnya petani sayuran, mendapat bantuan sarana dan prasarana. "Selain di bidang wisata, ada bidang lain yang penting yang menjadi mata pencaharian warga di sini, yaitu pertanian," ujar Sutikhsan.

Kepala Negara menyampaikan, pemerintah pusat dan daerah memang sedang mengatur untuk bantuan sektor pertanian kepada masyarakat di lingkungan taman wisata ini.

"Saya tidak suka berjanji. Apa yang bisa kita lakukan, jika memang bisa pasti akan diberikan. Ada bantuan yang berupa bantuan langsung dan bantuan yang lain, yang harus dihitung terlebih dahulu. Prioritaskan mana yang tahun ini, tahun depan, dan tahun seterusnya," Pesan SBY .

Posted By : Lensa Surabaya TV Online
News Source : Situs Web Resmi Presiden Republik Indonesia - Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono
Photo : Presiden SBY dan Ibu Ani olahraga jalan pagi bersama warga menyusuri jalanan kota Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (4/5) pagi. (foto: cahyo/presidenri.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar